RESEP MASAKAN INDONESIA
Kumpulan resep masakan
khas Indonesia.
Home » , » Resep Ayam Goreng Enak dan Sehat

Resep Ayam Goreng Enak dan Sehat

Written By Steve Kandio on Sunday, September 14, 2014 | 5:40 AM

Resep Ayam Goreng Enak dan Sehat - Resep Bunda

Resep Bunda - Ayam goreng merupakan makanan yang paling sering dimasak oleh bunda di seluruh Indonesia. Cara membuat ayam goreng yang nikmat tentu saja dimulai dari penggunaan bumbu yang tepat. Jika ingin mudah dan cepat. Takaran bumbu yang pas adalah langkah awal cara membuat ayam goreng yang dijamin menghasilkan sajian ayam goreng lezat!

Kalau bumbu andalah sudah digunakan, perhatikan juga proses menggorengnya. Semantap apapun bumbu yang Anda gunakan, akan sia-sia jika ayam goreng Anda tidak matang sempurna, kurang renyah, atau bahkan terlalu berminyak. Untuk mengantisipasinya, beberapa tips menggoreng ayam berikut ini bisa Anda coba:

1. Pilih minyak yang tepat

Minyak dengan titik didih rendah cenderung lebih cepat mengeluarkan asap dan bau tidak sedap. Karena itulah, minyak yang cocok digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang memiliki titik didih tinggi, seperti canola oil, peanut oil, atau sunflower oil. Penggunaan minyak yang tepat dapat membantu menjaga aroma ayam goreng.

2. Goreng ayam dengan suhu yang tepat

Suhu tepat untuk menggoreng ayam adalah antara 175-200°C. Suhu yang terlalu rendah bisa membuat ayam menjadi berminyak dan kurang renyah, sedangkan suhu yang terlalu tinggi bisa membuat kulit ayam dan daging bagian luarnya cepat matang dan berubah warna menjadi cokelat, padahal daging bagian dalamnya belum matang sempurna.

3. Hindari menggunakan minyak bekas

Selain tidak sehat, minyak bekas yang digunakan untuk menggoreng ayam pun dapat membuat ayam goreng berbau minyak  bahkan tengik. Selain itu, minyak yang sudah kecokelatan atau menghitam juga bisa membuat ayam menjadi kecokelatan lebih cepat. Karena itu, segera ganti minyak goreng setelah minyak menghitam, biasanya setelah 2-3 kali pemakaian.

4. Gunakan minyak dalam jumlah banyak

Setidaknya setengah bagian ayam harus terendam dalam minyak agar ayam goreng matang merata. Selain itu, jangan menggoreng terlalu banyak ayam pada saat yang bersamaan karena akan menurunkan temperatur minyak. Saat digoreng, ayam tidak boleh saling menumpuk atau terlalu bersentuhan satu sama lain.

5. Tiriskan dengan baik

Selalu tiriskan dengan baik ayam yang telah digoreng. Gunakan bantuan paper towel untuk menjadi alas yang mampu menyerap minyak dengan baik.

Sudah siap dengan bumbu yang pas serta cara menggoreng ayam yang tepat, Bu? Dengan demikian, cara membuat ayam goreng  pun sudah lengkap untuk menghasilkan ayam goreng yang lezat!
SHARE

About Steve Kandio

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dan saran yang berguna untuk pengembangan blog Resep Bunda ini.

Blog ini berisi kumpulan resep masakan dan cara memasak makanan khas Indonesia. Dapatkan update resep masakan yang terbaru disini. Happy cooking!