RESEP MASAKAN INDONESIA
Kumpulan resep masakan
khas Indonesia.

Cara Memasak Steak Sehat dan Mudah

Written By Steve Kandio on Wednesday, September 17, 2014 | 6:38 AM

Cara Memasak Steak Sehat Bebas Lemak - Resep Ala BundaResep Bunda - Kali ini Bunda akan membagikan pengalaman bunda memasak Steak yang sehat dengan cara yang paling mudah dan dijamin bzisa diikuti oleh para bunda yang membaca artikel ini.


Resep Bunda kali ini ditujukan khusus bagi para bunda yang suaminya tidak bisa mengkonsumsi makanan berlemak karena alasan penyakit atau diet. Menu steak yang Bunda sajikan disini rendah lemak. Jadi, bunda tidak perlu kuatir ya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak Steak Sehat Bebas Lemak:
1. Daging Sapi (seperlunya)
2. Garam, lada, bawang bubuk, bawang putih, dan Thyme.
3. Bumbu penyedap (bila perlu)

Langkah-langkah/ proses memasak Steak Sehat Bebas Lemak:


  1. Keluarkan daging dari kulkas sekitar 30-60 menit sebelum dimasak sampai daging berada pada suhu ruangan.
  2. Bumbui daging dengan garam, lada, bawang bubuk, bawang putih bubuk, dan thyme. Anda bisa bereksperimen menambahkan bumbu lain yang Anda sukai. Jangan ragu menambahkan bumbu untuk menambah cita rasa steak dan agar Anda tidak perlu menambahkan mentega, minyak, ataupun saus tambahan dengan steak agar steak lebih sehat.
  3. Letakkan daging pada panggangan dan masak sampai daging matang sesuai keinginan Anda. Masak selama 8 menit pada suhu 160 derajat bila Anda menginginkan daging Anda setengah matang, atau selama 10-12 menit pada suhu 170 derajat bila Anda menginginkan daging Anda matang sempurna. Anda bisa menggunakan termometer khusus daging untuk mengukur suhu daging dengan akurat.
  4. Jangan balik-balik daging berkali-kali. Tunggu sampai 1 sisi benar-benar matang sesuai keinginan Anda, baru kemudian balik daging untuk mematangkan sisi lainnya. Gunakan jepit makanan saat membalik daging. Jangan membalik daging dengan garpu, karena menusuk daging akan membuat sari daging menjadi keluar dan daging menjadi lebih mudah kering.
  5. Setelah daging diangkat dari panggangan, diamkan daging selama 5-10 menit sebelum disajikan.
  6. Sajikan dengan pelengkap tambahan seperti kentang goreng atau sayuran hijau.

Mudah bukan? Silahkan mencoba ya bunda. Selamat memasak!
SHARE

About Steve Kandio

0 comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dan saran yang berguna untuk pengembangan blog Resep Bunda ini.

Blog ini berisi kumpulan resep masakan dan cara memasak makanan khas Indonesia. Dapatkan update resep masakan yang terbaru disini. Happy cooking!